Selasa, 24 Juli 2018

PEMBUATAN MOZAIK PETA SECARA DIGITAL AREA TAMBAK SEKITAR RESORT LEGONLELE – SPTN II KARIMUNJAWA


PEMBUATAN MOZAIK PETA SECARA DIGITAL
AREA TAMBAK SEKITAR RESORT LEGONLELE – SPTN II KARIMUNJAWA

Oleh : 
Nugroho Dri Atmojo, SP., 
Isai Yusidarta, ST., M.Sc 
Yusuf Syaifuddin, S.Bio., MA.


I.     PENDAHULUAN
a.      Latar Belakang
Booming tambak udang vanname di Kepulauan Karimunjawa juga terjadi di wilayah kerja Resort Legon Lele, Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Karimunjawa  Di tingkat tapak ini telah terjadi pembukaan tambak intensif menggunakan excavator di beberapa titik. Salah satu lokasi pembuatan tambak terletak di Dusun Nyamplungan. Walaupun tambak yang dibuat tidak masuk ke dalam kawasan TNKj, namun sangat penting untuk mendapatkan data terkini (up to date).
Salah satu cara mendapatkan data tambak yang dibuka adalah dengan melakukan pemotretan foto udara.  Guna mendukung pembuatan peta digital dilakukan aerial mapping menggunakan drone pada cakupan area di sekitar tambak yang dibuat di Dusun Nyamplungan. Melalui aerial mapping akan menghasilkan banyak foto yang berisikan data spasial daerah tersebut yang akan diolah.
Mozaik foto udara merupakan gabungan dari dua atau lebih foto udara yang saling bertampalan sehingga terbentuk paduan gambar yang berkesinambungan dan menampilkan daerah yang lebih luas.
Penggabungan dilakukan dengan memotong dan menyambung bagian-bagian foto udara yang overlap atau sidelap. Mozaik udara umumnya dirakit dari foto udara vertical, namun kadang-kadang juga dirakit dari foto miring atau terestris. Jika dibuat dengan baik akan memperlihatkan penampilan suatu foto tunggal yang sangat besar dan mencakup daerah yang luas.
Salah satu kelebihan pembuatan peta digital dengan mozaik foto udara adalah objek-objek mudah dikenali dari citra fotografiknya dan mudah dimengerti dan ditafsirkan oleh orang tanpa latar belakang fotogrametri atau kerekayasaan.

b.      Tujuan
Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melakukan mozaik foto udara hasil aerial mapping di sekitar area pembuatan tambak Dusun Nyamplungan untuk keperluan pembuatan peta digital.
c.       Alat dan Bahan
·         Digital image hasil aerial drone mapping area tambak Blok Nyamplungan;
·         Komputer;
·         Software Agisoft Photoscan;
·         Software ArcGIS 10.4.1;
·         Peta digital Rupa Bumi Indonesia Skala 1 : 50.000 Tahun 2014.

II.        HASIL YANG DICAPAI

Hasil pengumpulan data berupa kumpulan image aerial menggunakan UAV atau Drone kemudian diolah dengan aplikasi Agisoft Photoscan. Tahapan penggabungan image aerial adalah sebagai berikut :
1.       Aligning Photos
Setelah foto aerial dimuat ke PhotoScan, harus digabungkan/ penyelarasan foto satu sama lain sehingga terbentuk mozaik peta yang diinginkan. Saat melakukan penyelarasan foto, PhotoScan memperkirakan parameter orientasi kamera baik internal maupun eksternal, termasuk distorsi radial nonlinier. Setelah foto dimuat dalam program, PhotoScan secara otomatis membaginya menjadi grup kalibrasi sesuai dengan resolusi gambar dan atau metadata EXIF seperti jenis kamera dan panjang fokus. Pada tahap ini PhotoScan menemukan posisi dan orientasi kamera drone untuk setiap foto dan membangun model point cloud yang tipis.
 

2.       Building mesh
Hasil penggabungan foto tersebut belum bisa terlihat hasil tekstur mozaiknya, sehingga perlu dilakukan analisis berikutnya yaitu building mesh.
 


3.       Building texture
Dalam mode pemetaan orthophoto seluruh permukaan objek bertekstur dalam proyeksi ortografi. Mode pemetaan orthophoto menghasilkan representasi tekstur yang lebih kompak daripada mode orthophoto adaptif dengan mengorbankan kualitas tekstur di daerah vertikal.


4.       Buliding Orthomosaic
Ekspor Orthomosaic biasanya digunakan untuk menghasilkan citra resolusi tinggi berdasarkan pada foto sumber dan model yang direkonstruksi. Aplikasi yang paling umum adalah pengolahan data survei fotografi udara, tetapi mungkin juga berguna ketika penampakan yang lebih rinci tentang objek dipersyaratkan. PhotoScan memungkinkan untuk melakukan editing orthomosaic seamline untuk hasil visual yang lebih baik.
Untuk alur kerja pemrosesan gambar multispektral dapat menggunakan alat Raster Calculator untuk NDVI dan perhitungan indeks vegetasi lainnya untuk menganalisis masalah tanaman dan menghasilkan resep untuk peralatan pertanian dengan tingkat variabel.




5.       Export orthomosaic
Hasil orthomosaic kemudian diekspor menjadi orthomosaic multispektral dalam format GeoTIFF. Orthomosaic multispektral memiliki semua saluran dari citra asli ditambah saluran alfa, transparansi digunakan untuk area tanpa data dari orthomosaic.

  
Peta mozaik hasil pengolahan dengan Photoscan kemudian diolah menggunakan software ArcGIS 10.4.1. Dengan tool image analysis, mozaik kemudian diclip menggunakan polygon yang telah ditentukan sebagai area yang akan dipetakan. Mozaik yang dihasilkan mempunyai resolusi 4,5 cm/px, resolusi ini termasuk tinggi apabila dibandingkan dengan citra lain yang tidak menggunakan drone/UAV. Hasil peta mozaik area tambak di Blok Nyamplungan sekitar wilayah Resort Legon Lele – SPTN II Karimunjawa terlampir.
Semoga bermanfaat sebagai bahan untuk analisis penginderaan jauh maupun analisis data SIG selanjutnya.

Tidak ada komentar: